Oven Roti, Kue, Pizza | Oven Gas | Oven Listrik | Terbaik dan Terlengkap

oven roti | oven gas

Oven adalah mesin untuk memanggang, mengringkan, memanaskan suatu bahan yang digunakan untuk bahan makanan. Dahulu oven dibuat dari tungku tanah liat yang dibentuk sebagai macam rupa, kini berubah seiring teknologi dengan bahan material logam.

Apakah Anda telah menjalankan usaha roti atau apakah Kamu ingin memulai usaha roti, Oven roti adalah satu rangkaian dari mesin roti yang dibutuhkan untuk membuat roti beberapa saran memilih oven roti mungkin Kamu butuhkan untuk membeli oven roti yang tepat. #tahukahkamu proses keberhasilan pemanggangan adonan roti yang sempurna, terletak pada kualitas pembakaran oven.

Oven, Jenis dan Spesifikasi Lengkap

Ragam jenis oven perlu untuk diketahui perbedaanyaa, dari yang berteknologi gas, analog, hingga listrik. Dari aplikasi untuk rumahan, hingga industri oven.

Berikut daftar jenis oven roti :

  • Standard Oven
  • Convection Oven
  • Oven Deck
  • Conveyor Oven
  • Cook & Hold Oven
  • Steam Oven
  • High Speed Oven

Standard Oven / Oven Biasa

Oven standar listrik rumahan merek oxone
Oven standar, juga dikenal sebagai oven radiasi, adalah jenis oven yang paling sederhana. Ini memiliki elemen pemanas yang terletak di bagian bawah ruang kue yang menciptakan panas radiasi yang kemudian disalurkan ke seluruh rongga. Oven standar sangat umum karena merupakan jenis oven yang paling terjangkau. Oven ini juga memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak dibandingkan oven lain, oleh karena itu, lebih mudah diperbaiki.
 
Namun, panas radiasi tidak dapat diandalkan seperti metode pemanasan lainnya karena tidak didistribusikan secara merata ke seluruh rongga pemanggangan. Karena itu, oven standar mungkin akan menghasilkan produk makanan yang tidak merata.

Convection Oven

Oven Convection
Oven konveksi adalah yang paling populer di toko roti. Perbedaan antara oven konveksi dan oven standar adalah oven ini dilengkapi dengan kipas yang mengalirkan udara panas ke dalam ruang pembakaran. Ini menciptakan distribusi panas yang seragam untuk mencegah titik dingin dan panas yang menyebabkan pemanggangan tidak merata.
 
Oven convection menghasilkan pemasakan yang merata dan seragam sepanjang waktu, sehingga cocok untuk memanggang kue, pai, masakan, roti, brownies, dan kue kering lainnya dalam jumlah besar. Udara yang panas juga memasak makanan 25% hingga 30% lebih cepat daripada oven standar, menjadikannya ideal untuk toko roti yang perlu memproduksi banyak makanan yang dipanggang dengan cepat.
 
Beberapa oven convection memiliki sistem injeksi uap yang melepaskan uap ke dalam ruang pemanggang, suatu fitur yang berguna bagi pembuat roti karena uap membantu adonan mengembang dan menciptakan kerak yang renyah dan pecah-pecah sambil mempertahankan bagian dalam yang lembut dan lembap. Ini juga disebut oven kombi dan dapat memberikan fungsi lain, seperti memeriksa adonan untuk menyiapkannya untuk dipanggang.
 
Jika Anda terbiasa memanggang dalam oven standar, menggunakan oven konveksi mungkin mengharuskan Anda menyesuaikan resep Anda sedikit karena oven konveksi lebih panas daripada oven standar.

Oven Deck / Decks Oven (Gas & Listrik)

Oven Deck 2 TingkatOven deck dapat memiliki satu atau beberapa deck.
 
yang terakhir berguna dalam lingkungan komersial karena memungkinkan Anda memasak beberapa item sekaligus tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang.
 
Namun, oven deck membutuhkan waktu lama untuk dipanaskan terlebih dahulu dan dipanaskan kembali sehingga Anda mungkin harus terus menyalakannya jika Anda memiliki beberapa batch yang harus disiapkan.
 
Selain itu, tidak seperti oven konveksi, oven deck dapat menimbulkan titik dingin karena makanan dapat menarik panas menjauh dari deck batu.

Conveyor Oven

Oven konveyor ideal dalam pengaturan di mana Anda perlu menghasilkan makanan dalam jumlah besar setidaknya dalam waktu sesingkat mungkin. Oven ini menggunakan metode memasak yang disebut pelampiasan, di mana Anda meletakkan makanan di sabuk konveyor dan sabuk tersebut mengangkut makanan melalui sebuah ruangan.
 
Semburan udara panas yang seragam kemudian dilemparkan ke makanan, memasak semuanya secara konsisten sampai keluar dari ujung konveyor lainnya. Kecepatan ban berjalan tetap sama untuk memastikan bahwa semua barang dimasak secara seragam.
 
Sabuk konveyor sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menempatkan item makanan dan menekan tombol, yang membuatnya ideal untuk digunakan oleh staf yang tidak terampil karena mereka tidak memerlukan keahlian khusus untuk menghasilkan produk makanan yang dimasak dengan baik. Oven juga dapat ditumpuk berpasangan atau bertiga untuk memungkinkan Anda meningkatkan output volume tanpa menambah kebutuhan ruang Anda.
 
Namun, jenis makanan yang bisa Anda masak dalam oven konveyor sangat dibatasi oleh ukuran bukaan konveyor, yang biasanya setinggi 3 “sampai 5”. Pemanasan yang cepat juga membuatnya terlalu kuat untuk barang-barang yang lembut, seperti flans dan puff pastry, yang dapat hancur karena tekanan pancaran udara panas.

Steam Oven

Oven uap memiliki tabung air atau sambungan langsung ke saluran suplai air untuk memungkinkan mereka menyuntikkan uap ke dalam ruang pemanggang. Uap memberikan panas ke rongga, memungkinkan Anda membuat makanan panggang yang sangat lembut dan lembab.
 
Namun, oven uap tidak menghasilkan pinggiran yang renyah dan kecokelatan seperti yang dihasilkan oven lain. Ini karena oven lain menghasilkan panas kering yang menghasilkan warna cokelat yang sering terlihat pada makanan yang dipanggang.

Cook & Hold Oven

Oven masak dan tahan menggunakan suhu rendah dan api kecil untuk memasak makanan dan menyimpannya pada suhu hangat sampai siap disajikan. Ini adalah alat masak lambat yang paling baik digunakan untuk memanggang makanan sebelumnya. Oven bukan pilihan terbaik untuk produksi volume tinggi karena oven ini membutuhkan waktu. Oven masak dan tahan juga digunakan sebagai pengaduk adonan untuk menyiapkan adonan untuk dipanggang dalam oven standar atau konveksi.

High Speed Oven

Oven berkecepatan tinggi adalah jenis oven roti yang cukup baru yang menggabungkan berbagai metode memasak untuk memanggang produk makanan Anda dengan sangat cepat. Ini memungkinkan Anda untuk mengurangi waktu memasak secara signifikan dan memberikan layanan ekstra cepat kepada pelanggan Anda. Misalnya, cupcake, yang biasanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit di oven standar dan 12 hingga 16 menit dalam oven konveksi untuk dipanggang, mungkin hanya perlu 5 menit dalam oven berkecepatan tinggi.

Sebagian besar oven komersial berkecepatan tinggi menggabungkan teknologi konveksi dan gelombang mikro untuk menghasilkan panas yang cukup untuk memasak makanan dengan cepat. Pemasakan konveksi menggunakan sirkulasi udara untuk menghasilkan pemasakan yang seragam sementara microwave menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan banyak panas dengan cepat. Microwave terkenal karena menghasilkan hasil yang tidak konsisten, tetapi bila dikombinasikan dengan pemasakan konveksi, microwave menjadi cukup stabil untuk menghasilkan makanan yang dimasak secara merata.

Oven berkecepatan tinggi sering kali memiliki kontrol yang dapat diprogram yang memungkinkan Anda membuat pengaturan untuk berbagai resep yang dapat diakses dengan cepat. Mereka membutuhkan sedikit pelatihan, membuatnya mudah digunakan bahkan untuk pekerja tidak terampil.

Oven Roti Komersil

Oven roti komersil adalah oven yang khusus dirancang untuk memanggang bahan adonan roti (bisa juga digunakan untuk kue, pizza, pasta) namun umumnya lebih dikenal dengan sebutan oven deck karena digunakan secara bertumpuk seperti ‘dek’.

  • Oven deck paling populer digunakan oleh pengusaha roti di Indonesia
  • Terdapat 2 jenis input bahan bakar pada oven deck: gas atau listrik.
  • Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keunggulan Oven Roti Komersial dari Serviamo

  1. Material Rangka Oven

Rangka dalam haruslah menggunakan stainless food grade untuk memastikan material tidak akan mengalami kerusakan yang berdampak pada kualitas roti.

  1. Material Kaca Oven

Kaca yang digunakan merupakan tempered glass tahan panas hingga 500 derajat celcius, dan sudah teruji dan bersertifikasi di pabrik Kami.

Spesifikasi dan Harga Oven Roti DECK

Oven Deck

Oven deck memiliki elemen pemanas di bagian atas dan bawah ruang pemanggang dan rak batu yang langsung dipanaskan sehingga Anda bisa meletakkan barang-barang Anda di atasnya.

Elemen pemanas dapat disesuaikan secara terpisah, memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat pemanggangan yang berbeda untuk bagian atas dan bawah makanan Anda.

Oven Deck Gas 2 Tingkat
Oven Deck 2 Tingkat
Ini membuatnya berguna untuk memanggang roti pai dan roti quiches, di mana Anda ingin keraknya cukup dipanaskan hingga menjadi renyah dan isinya tetap matang tetapi tidak gosong.
Oven deck juga disukai oleh beberapa pembuat roti dalam membuat roti artisan karena deck batu memberikan kualitas perapian tradisional pada roti.
Oven deck dapat memiliki satu atau beberapa deck, yang terakhir berguna dalam lingkungan komersial karena memungkinkan Anda memasak beberapa item sekaligus tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang. Namun, oven deck membutuhkan waktu lama untuk dipanaskan terlebih dahulu dan dipanaskan kembali sehingga Anda mungkin harus terus menyalakannya jika Anda memiliki beberapa batch yang harus disiapkan. Selain itu, tidak seperti oven konveksi, oven deck dapat menimbulkan titik dingin karena makanan dapat menarik panas menjauh dari deck batu.

Oven Roti Deck Type Gas

Oven gas secara spesifik memanggang adonan roti dengan menggunakan gas elpiji untuk proses pembakarannya, untuk mengetahui oven roti jenis gas yang berkualitas, berikut hal yang perlu diperhatikan.

Oven Roti Gas 1 Deck

Oven Roti, Oven Gas 1 Deck

Harga Oven Gas 1 Deck

Oven Gas 1 Deck 1 Pan
Model SRV-110S
Deck 1
Loyang 1
Power 0.1kW / 230V / 50Hz
Weight 140 kg
Dimension 1650 x 940 x 660 mm
  • Brand: Serviamo
  • Energy Type: Gas
  • Size (LxWxH):  mm1250 x 640 x 660
  • Weight (KG)100.00
  • Garansi : 1 Tahun 
  • Product Origin: China
Oven Gas 1 Deck 2 Pan
Model SRV-120DLS
(4 sides cover with stainless steel)
Deck 1
Loyang 2
Temperature 0 ~ 300°C
Chamber 840 x 630 x 220 mm
Power 0.1kW / 230V / 50Hz
Weight 120 kg
Dimension 1240 x 870 x 550 mm
Oven Gas 1 Deck 3 Pan
Model SRV-130DLS
Deck 1
Tray 3
Power 0.1kW / 230V / 50Hz
Weight 140 kg
Dimension 1650 x 940 x 660 mm

Oven Roti Gas 2 Deck

Oven Roti, Oven Gas 2 Deck

Harga Oven Gas 2 Deck

Oven Gas 2 Deck 4 Pan
Model SRV-240DL
Deck 2
Tray 4
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Harga : Hubungi Kami

Oven Gas 2 Deck 6 Pan
Model SRV-260DL
Deck 2
Tray 6
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Harga : Hubungi Kami

Oven Gas 2 Deck 9 Pan
Model SRV-290DL
Deck 2
Tray 9
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Harga : Hubungi Kami

Oven Roti Gas 3 Deck

Oven Roti, Oven Gas 3 Deck

Harga Oven Roti Gas 3 Deck

Oven Gas 3 Deck 6 Pan
Model SRV-240DL
Deck 2
Tray 4
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Harga : Hubungi Kami

Oven Gas 3 Deck 9 Pan
Model SRV-260DL
Deck 2
Tray 6
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm
Oven Gas 3 Deck 12 Pan
Model SRV-290DL
Deck 2
Tray 9
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Oven Listrik

Oven listrik berbeda dari oven bertenaga gas jauh lebih murah untuk digunakan dalam jangka panjang karena gas lebih terjangkau di banyak tempat di negara ini. Pilihan gas Anda juga penting. Gas propana lebih mahal daripada gas alam, jadi jika Anda sangat hemat, memilih oven gas alam dapat membantu menekan biaya operasional Anda.
Perlu diingat, bahwa oven gas memerlukan sambungan gas, yang mungkin mahal untuk dipasang jika Anda belum memilikinya dan akan menambah biaya di muka. Anda juga perlu memiliki peralatan keselamatan yang tepat, seperti selang pelepasan cepat dan tali pengaman, untuk meminimalkan risiko kebakaran dan cedera.
Ada trade-off untuk biaya yang relatif rendah. Meskipun oven gas memanas lebih cepat daripada oven listrik, oven tersebut bisa sedikit sulit dikendalikan dan cenderung menciptakan titik dingin dan panas karena distribusi panas yang buruk. Hal ini dapat menyebabkan item makanan terlalu matang di satu sisi dan di sisi lain kurang matang.

Spesifikasi dan harga oven listrik Type Deck oven

oven roti gasOven listrik untuk kapasitas industri UKM dan rumahan sama dengan oven gas pada umumnya. Perbedaan terletak pada sumber tenaga dari listrik. Penggunaan oven listrik biasa digunakan untuk didalam gedung perbelanjaan (mall) atau di gedung – gedung lainnya yang tidak memperbolehkan adanya bahan bakar gas.

1. Material Rangka Oven Deck Listrik

Rangka dalam haruslah menggunakan stainless food grade untuk memastikan material tidak akan mengalami kerusakan yang berdampak pada kualitas roti.

2. Material Kaca Oven Deck Listrik

Kaca yang digunakan merupakan tempered glass tahan panas hingga 500 derajat celcius, dan sudah teruji dan bersertifikasi di pabrik Kami.

Harga Oven Deck Listrik

Harga oven listrik ditentukan dari kapasitas deck dan loyang pada masing – masing tipe berikut ini, pemilihan deck dan kapasitas loyang yang berukuran 90 cm x 90 cm tergantung dengan kebutuhan dari tingkat produksi sekali panggang. Apabila Kamu belum mengetahui kapasitas mana yang seharusnya Kamu pilih.

Kamu bisa berkonsultasi dengan baking center serviamo untuk memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Rekomendasi mesin untuk penunjang usaha roti: mesin shrink, continous sealer, alat vakum, mesin induksi sealer, mesin carton sealer

Oven Roti Listrik 1 Deck

Oven Roti, Oven Gas 1 Deck

Tipe Oven Listrik 1 Deck

Oven Roti Listrik 1 Deck 1 Pan
Model SRV-110S
Deck 1
Loyang 1
Power 0.1kW / 230V / 50Hz
Weight 140 kg
Dimension 1650 x 940 x 660 mm
  • Brand: Serviamo
  • Energy Type: Listrik
  • Size (LxWxH):  mm1250 x 640 x 660
  • Weight (KG)100.00
  • Garansi : 1 Tahun 
  • Product Origin: China
Oven Roti Listrik 1 Deck 2 Pan
Model SRV-120DLS
(4 sides cover with stainless steel)
Deck 1
Loyang 2
Temperature 0 ~ 300°C
Chamber 840 x 630 x 220 mm
Power 0.1kW / 230V / 50Hz
Weight 120 kg
Dimension 1240 x 870 x 550 mm
Oven Roti Listrik 1 Deck 3 Pan
Model SRV-130DLS
Deck 1
Tray 3
Power 0.1kW / 230V / 50Hz
Weight 140 kg
Dimension 1650 x 940 x 660 mm

Oven Roti Listrik 2 Deck

Oven Roti, Oven Gas 2 Deck

Tipe Oven Listrik 2 Deck

Oven Roti Listrik 2 Deck 4 Pan
Model SRV-240DL
Deck 2
Tray 4
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm
Oven Roti Listrik 2 Deck 6 Pan
Model SRV-260DL
Deck 2
Tray 6
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm
Oven Roti Listrik 2 Deck 9 Pan
Model SRV-290DL
Deck 2
Tray 9
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Oven Roti Listrik 3 Deck

Oven Roti, Oven Gas 3 Deck

Tipe Oven Roti Listrik 3 Deck

Oven Listrik 3 Deck 6 Pan
Model SRV-240DL
Deck 2
Tray 4
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm
Oven Listrik 3 Deck 9 Pan
Model SRV-260DL
Deck 2
Tray 6
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm
Oven Listrik 3 Deck 12 Pan
Model SRV-290DL
Deck 2
Tray 9
Power 0.2kW / 230V / 50Hz
Weight 290 kg
Dimension 1650 x 940 x 1320 mm

Keunggulan Oven Listrik

Oven listrik sangat mudah dipasang. Anda cukup memasukkan steker ke stopkontak dan mulai menggunakan. Oven ini membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas daripada oven gas, tetapi oven memberikan panas yang lebih konsisten yang mengarah ke produk makanan yang dipanggang secara merata. Oven listrik juga lebih mudah dibersihkan karena tidak memerlukan sambungan gas yang dapat tersumbat oleh minyak dan kotoran. Mereka juga lebih aman daripada oven gas karena tidak ada risiko kebocoran gas dan kemungkinan kebakaran lebih kecil.

Namun, penting untuk memiliki langkah-langkah keamanan yang diperlukan di dapur Anda. Sebagian besar oven listrik memiliki tegangan 115v atau lebih tinggi. Mereka perlu memiliki pemutus sendiri di kotak pemutus karena mereka membuat lonjakan daya yang besar setiap kali Anda menyalakannya. Lonjakan daya ini dapat menyebabkan pemutus arus trip. Jika oven tidak memiliki pemutus sendiri, hal ini dapat menyebabkan pemadaman listrik di tempat Anda.

Oven listrik bisa lebih mahal untuk dibeli dan digunakan di daerah yang listriknya lebih mahal daripada gas. Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak energi yang dikonsumsi oven listrik Anda, periksa tagihan listrik Anda dan lihat harga per kilowatt-hour (kWh). Kalikan dengan jumlah jam Anda menggunakan oven listrik setiap bulan. Angka yang akan Anda dapatkan adalah biaya konsumsi energi bulanan oven Anda.

 

Testimonial

Tukang roti dengan berbagai roti dan kue yang baru dipanggang sehat dan lezat

Saya menggunakannya setiap hari setelah saya mendapatkannya! Sangat nyaman untuk menambahkan lebih banyak hidangan di atas meja! Ini cukup besar bagi kita untuk memanggang ayam dan memiliki tiga lapisan untuk suhu yang berbeda. Salah satu tipnya adalah menggunakan lapisan grill sebagai pengganti air fryer karena tidak mudah dibersihkan saat oli menempel di keranjang. Saya juga berharap instruksinya dapat menjelaskan sedikit lebih baik bagaimana menyalakan penggorengan karena saya perlu mencoba beberapa kali untuk menyalakannya dengan sukses. Secara keseluruhan sangat layak untuk membelinya!

Basti / Artisan Bakery
Saya membeli oven roti 3 deck 9 pan yang lebih besar untuk adonan yang lebih besar seperti roti tawar utuh dan pizza serta beberapa pastry. Ini mungkin yang terbesar yang bisa saya temukan di Serviamo.id dalam kisaran harga yang terjangkau.
Suhu dan waktu mudah diubah dan tombol setel sangat mudah digunakan.
Satu-satunya kekurangan adalah bahwa karena lebih besar pembersihan membutuhkan waktu lebih lama. hehe..
Jane / Chef

Tidak menemukan produk oven roti yang kamu cari ? hubungi konsultan bakery kami

Tips Memilih Oven yang Tepat

  1. Temukan Ukuran yang Tepat
    Produk makanan yang berbeda paling baik disiapkan dalam berbagai jenis oven. Misalnya, toko roti yang memproduksi roti buatan tangan, serta souffle, kue keju, dan makanan penutup custard, akan mendapatkan keuntungan maksimal dari berinvestasi dalam oven dek, di mana makanan dipanaskan melalui transfer konduktif dari dek batu ke produk makanan. Meskipun oven konveksi sangat serbaguna, item halus yang dipanggang dengan baik di oven dek akan mudah roboh di bawah sirkulasi udara oven konveksi.
    Namun, oven konveksi sangat cocok untuk roti, kue, biskuit, kue kering, dan banyak item lainnya. Oven konveyor juga berguna untuk memanggang berbagai produk makanan dengan volume tinggi, tetapi mungkin ada beberapa pengorbanan kualitas sebagai imbalan atas efisiensi dan kemudahan penggunaan.
  2. Pertimbangkan Jenis Makanan yang Akan Anda Gunakan
    Produk makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dipanggang dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan. Sebagian besar pelanggan sudah lapar ketika mereka masuk ke toko roti Anda, jadi Anda perlu menemukan titik terbaik antara menyajikan produk makanan berkualitas tinggi dan langsung menyajikannya. Oven konveksi menyediakan waktu memasak cepat yang memuaskan di sebagian besar pengaturan. Namun, memiliki oven berkecepatan tinggi untuk melengkapi oven konveksi Anda juga dapat membantu memenuhi permintaan pelanggan selama waktu tersibuk dalam sehari.
  3. Putuskan apakah Kecepatan Memasak itu Vital
    Bekerja di toko roti bisa membuat stres dengan sendirinya. Memiliki oven yang bagus dan mudah dioperasikan dapat membantu meredakan stres bagi staf Anda. Dalam hal kemudahan penggunaan, oven konveyor menang telak. Oven konveyor memasak makanan dengan cepat dan efisien, memberi Anda hasil yang konsisten dari hari ke hari. Anda juga tidak perlu mempekerjakan staf dengan keterampilan khusus untuk mengoperasikan oven konveyor.
  4. Carilah Kemudahan Penggunaan
    Persyaratan pembersihan dan perawatan juga harus ditambahkan ke persamaan. Secara umum, oven listrik lebih mudah dibersihkan daripada oven gas. Beberapa oven juga memiliki sudut membulat untuk mencegah penumpukan makanan di sudut-sudut rongga oven. Interior porselen yang halus juga dapat membantu menyeka ruang kue lebih mudah.
  5. Jangan Lupakan Ventilasi
    Oven dapat melepaskan banyak jelaga dan minyak ke udara. Jika tidak ditangani dengan benar, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi staf yang memiliki masalah paru-paru, dan bahaya kebakaran di dapur Anda.
  6. Pertimbangkan Pipa dan Air
    Beberapa oven kombinasi dan uap memerlukan pasokan air untuk menghasilkan uap. Jika toko roti Anda terletak di area dengan kualitas air yang buruk, Anda mungkin juga perlu berinvestasi dalam sistem penyaringan air berkualitas tinggi yang menghilangkan mineral keras, sedimen, dan padatan terlarut lainnya dari air sebelum mencapai oven. Memiliki filter air yang baik juga mencegah penumpukan mineral di dinding oven Anda dan memastikannya bertahan lama.
  7. Efisiensi Energi Berkembang Jauh
    Program ENERGY STAR EPA memiliki klasifikasi untuk oven roti yang memenuhi persyaratan efisiensi energi yang ketat. Pertimbangkan untuk mencari oven ENERGY-STAR, yang terbukti mengonsumsi energi 20% hingga 30% lebih sedikit daripada oven lain.
  8. Perhatikan Setiap Detail Saat Membeli Oven Roti
    a. Pintu
    Oven roti bisa memiliki pintu kokoh atau pintu kaca. Pintu padat biasanya terbuat dari baja tahan karat, yang memberikan daya isolasi yang baik untuk menjaga panas di dalam oven. Namun, pintu yang kokoh dapat menyebabkan hilangnya panas karena Anda perlu membukanya untuk memeriksa item makanan Anda.
    Sebaliknya, pintu kaca tidak memberikan sekat sebanyak pintu yang kokoh, tetapi memungkinkan Anda untuk melihat produk makanan tanpa membukanya. Banyak model dengan pintu kaca menggunakan kaca emisivitas rendah. Jenis kaca ini memiliki dua atau tiga panel yang memerangkap udara atau gas di antara panel untuk mengurangi perpindahan panas. Pintu kaca emisivitas rendah dapat membantu mengisolasi bagian dalam oven dan menjaga udara panas tetap di dalam.
    b. Rak
    Rak oven digunakan untuk memuat dan menopang makanan Anda saat dimasak di dalam oven. Mereka harus dengan mudah masuk dan keluar untuk penggunaan yang mudah. Banyak oven juga memiliki rak yang dapat disesuaikan tingginya sehingga Anda dapat menempatkan barang Anda lebih dekat atau lebih jauh dari elemen pemanas. Jika Anda perlu memanggang produk makanan yang berbeda dengan ketinggian yang berbeda, Anda dapat menggunakan rak setengah, yang hanya berukuran setengah dari lebar rak penuh. Ini memungkinkan Anda menempatkan item yang lebih tinggi di rak penuh bawah dan item yang lebih pendek di rak setengah atas.
    c. Timer
    Oven memiliki pengatur waktu manual atau yang dapat diprogram dengan tampilan digital untuk membantu Anda melacak jumlah waktu memasak makanan Anda. Pengatur waktu manual memiliki kenop yang dapat Anda putar untuk membuat penghitung waktu mundur. Setelah penghitung waktu mundur berakhir, oven akan berbunyi bip untuk memberi tahu Anda bahwa waktu memasak sudah habis.
    Banyak oven baru dilengkapi dengan pengatur waktu yang dapat mematikan oven setelah waktu memasak habis. Ini berguna di dapur komersial di mana Anda harus membagi perhatian di antara beberapa tugas berbeda sekaligus. Pengatur waktu yang dapat diprogram yang secara otomatis mematikan oven juga membantu meminimalkan risiko produk makanan Anda terlalu matang.

Bagikan Artikel ini…