Jual Alat Kopi | Peralatan Menyeduh Kopi | Metode Manual Brew

Serviamo menampilkan salah satu pilihan terbesar pembuat kopi yang tersedia, termasuk banyak metode pembuatan kopi yang berbeda dari seluruh dunia. Apakah Anda menikmati espresso dengan pembuatan di atas kompor seperti di Eropa, atau dengan pot vakum atau lebih memilih kenyamanan unit listrik otomatis, kami memiliki semua Alat Kopi Anda!

Untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh kebutuhan alat kopi baik untuk pemakaian di rumah maupun untuk kebutuhan kedai kopi, Serviamo memberikan pilihan paket alat kopi murah sesuai dengan kapasitas penggunaannya. Berikut daftar paket alat kopi yang dibutuhkan:

Paket Alat Kopi Rumahan

  1. Manual Coffee Grinder

    Penggiling kopi merupakan hal paling dasar yang dibutuhkan oleh Coffee Lover. Ye Olde Classic merupakan salah satu Manual Coffee Grinder yang cukup kuno namun mudah untuk digunakan dan juga mudah dibersihkan.

  1. Electric Coffee Grinder

    Untuk sentuhan yang lebih modern, electric coffee grinder menjadi pilihan penggiling kopi yang harus dimiliki. Beberapa electric coffee grinder dapat membuat hingga 12 cup kopi.

  1. French Press

    Alat kopi french press ini terbilang sangat mudah untuk di gunakan. Dimana para pencita kopi hanya perlu memasukan bubuk kopi lalu di tambahkan dengan air panas kemudian memasangkan plunger yang nanti akan memisahkan bubuk kopi dengan ampas sehingga mengerluakan air kopi dengan aroma yang nikmat. Keuntungan memakai french press ini adalah tidak perlu menggunakan paper filter untuk memfilter ampas bubuk kopi tersebut.

    Banyak yang menganggap French Press dapat menghasilkan kopi paling beraroma. Salah satu contoh nya adalah Latina French Press yang telah digunakan untuk membuat kopi di eropa selama beberapa generasi. Alat ini juga mudah untuk digunakan dan dibersihkan.

  1. Chemex Glass

    Alat ini dianggap sebagai salah satu produk dengan desain terbaik di zaman modern. Chemex Glass dibuat untuk menyeduh kopi dengan sempurna pada tingkat kimia. Karena alat ini tidak memiliki bagian yang harus digerakan, maka dapat digunakan untuk selamanya, kecuali pacah karena terjatuh atau terbentur.

  1. Espresso Machine

    Mesin ini digunakan oleh Coffee Lover untuk meciptakan olahan-olahan kopi dari espresso, baik biji ataupun bubuk kopi espresso. Beberapa mesin kopi espresso juga dapat menghasilkan cappuccino yang lezat.

  1. Coffee Maker

    Sesuai dengan namanya, coffee maker ini adalah salah satu alat pembuat kopi yang paling di cari cari oleh semua coffee lovers. Coffee maker juga merupakan salah satu alat pembuat kopi yang wajib dimiliki. Mempunyai banyak jenis ada yang khusus untuk membuat kopi panas dan ada juga untuk membuat kopi dingin yaitu ice coffee maker. Kamu bebas memilih metode yang berbeda – beda pula, ada yang menggunakan metode dripper manual dan metode immersion yang otomatis. Namun, coffee maker ini juga memiliki satu kelemahan dimana para coffee lovers harus menentukan rasio dari kopi tersebut untuk menjaga karakter rasa dari kopi tersebut.

Baca Juga: Alat Kopi yang Wajib Dimiliki Coffee Lover Pemula

Paket Alat Kopi Manual untuk Kedai Kopi

Alat Kopi : V60

Syphon Coffee

Hario merupakan penemu pertama alat seduh V60 adalah dripper kopi, namun orang – orang lebih mengenal dengan sebutan “V60”. V60 sudah banyak juga digunakan di kafe-kafe maupun kedai kopi terkemuka di Indonesia bahkan dunia.  Daya tarik V60 terkesan elegan dan fungsionalitas desainnya menjadikan V60 merupakan teknik seduh wajib yang wajib dipelajari. V60 merupakan metode manual brew dengan teknik pouring / pour over.

Serviamo menjual peralatan menyeduh v60 manual dari berbagai merk, hario, kono dan lain lain. Harga alat kopi v60 mulai dari 50ribu rupiah untuk type material plastik. untuk produk lebih lengkap kunjungi halaman berikut ini: 

Alat Kopi : Vietnam Drip

Metode Vietnam drip sungguh populer dikalangan kedai kopi maupun cafe, tak jarang juga resto ternama mempunyai menu kopi vietnam drip. Alat kopi ini masuk kedalam alat wajib yang harus dimiliki kedai kopi.

Alat Kopi : Chemex ®

Pembuat kopi Chemex ® adalah wadah berbentuk jam pasir yang elegan dan terbuat dari kaca tahan panas berkualitas tinggi. Model tradisional hadir untuk Anda dengan kerah kayu poles dan dasi kulit. Kerah berfungsi sebagai pegangan terisolasi di sekitar bagian tengah pembuat kopi.
Beberapa produk di abad ini dapat menandingi perpaduan sempurna antara desain dan fungsi Chemex ®. Keanggunan visualnya telah membuatnya mendapatkan tempat dalam koleksi permanen Corning Museum of Glass di New York. Pembuat kopi Chemex ® juga dipilih oleh Illinois Institute of Technology sebagai salah satu dari 100 produk dengan desain terbaik di zaman modern.
Pembuat kopi Chemex ®, bersama dengan Filter Kopi Chemex-Bonded ®, membuat kopi yang sempurna. Jelas, murni, beraroma, dan tanpa rasa pahit atau endapan setiap saat. Kopi hanya bersentuhan dengan filter yang dirancang secara ilmiah dan kaca tidak berpori. Dengan metode Chemex ®, Anda bisa membuat kopi sekuat yang Anda suka tanpa rasa pahit. Sempurna untuk es kopi dan penyedap kopi untuk resep gourmet. Karena kemurniannya, kopi seduh Chemex ® dapat ditutup dan disimpan di lemari es untuk dipanaskan kembali … tanpa kehilangan rasanya!

Alat Kopi : Syphon

Alat kopi Syphon Coffee

Alat kopi Syphon merupakan metode seduh unik dengan menggunakan tekanan pada uap panas, metode syphon cocok digunakan untuk menghasilkan jenis kopi rendah caffeine.

Meskipun Anda mungkin telah melihat pembuat kopi siphon bermunculan di semakin banyak kedai kopi dan pengecer khusus, tren pembuat kopi vakum bukanlah hal baru. Sebenarnya konsep ini sudah ada sejak pertengahan tahun 1800-an, ketika orang-orang sepakat bahwa merebus kopi membunuh rasa, dan juga bereksperimen dengan vakum dan tekanan uap.
Sementara paten paling awal untuk pembuat kopi vakum diajukan oleh Loeff dari Berlin pada tahun 1830-an, kopi siphon menjadi populer berkat seorang wanita Prancis, yang merancang pembuat kopi vakum pertama yang sukses secara komersial.
Pembuat kopi itu Marie Fanny Amelne Massot dari Lyons, Prancis, dikenal sebagai Ny. Vassieux, dirancang dan dijual, terbuat dari dua “balon kaca” yang disatukan oleh sebuah bingkai, yang kita kenal sekarang sebagai pembuat kopi siphon.
Pada waktu yang hampir bersamaan, seorang insinyur kelautan Skotlandia sedang mengerjakan versinya sendiri. Teko Kopi Napiernya mendapatkan penghargaan dari The Institution of Mechanical Engineers pada tahun 1856.
Formulir pembuat kopi siphon memberi tahu Anda banyak hal tentang periode di mana ia ditemukan. Itu seindah fungsinya, dan di periode di mana kopi lepas landas, dengan perangkat seperti ini, tentu tidak dimaksudkan untuk diseduh di dapur. Anda bisa menyeduh di depan tamu Anda dan pamer dalam prosesnya.
Itu tentunya bagian dari daya pikat menyedot kopi hari ini. Sebagai “metode pembuatan bir yang paling teatrikal dari semua,” seperti yang disebut oleh penulis The Blue Bottle Craft of Coffee. Dan mereka harus tahu; Botol Biru dikenal dengan bar siphon khusus.
Di Amerika Serikat, kopi seduh vakum menjadi populer berkat merek Silex, yang membuat penyeduh vakum dengan gelas Pyrex. Metode pembuatan bir ini menjadi populer, karena ramah pengguna, dan memberdayakan pembuat kopi rumahan untuk membuat kopi yang enak.
Saat ini, pembuat kopi siphon sudah kembali, meskipun biasanya terlihat di kedai kopi daripada di rumah. Dua sistem paling populer yang digunakan di kafe berasal dari Jepang, Yama dan Hario.
Ada dua kamar, dan yang pertama diisi air. Dengan memanaskan ruang bawah, tekanan uap memaksa air naik ke ruang atas. Ini dia dicampur dengan ampas kopi.
Air, yang sekarang dicampur dengan tanah, ditarik kembali ke ruang bawah (berkat gravitasi dan penurunan tekanan, efek “vakum”), melalui filter yang berada di bagian bawah ruang atas, dan bagian bawah ruang pada gilirannya diisi dengan kopi yang diseduh.
Untuk pembuat kopi rumahan yang ingin bercabang ke dunia kopi vakum, ada banyak pilihan. Bagi mereka yang tidak ingin berinvestasi dalam seluruh penyiapan, ada model kompor seperti Yama Vacuum Brewer atau Bodum Pebo, dengan ruang bawah memiliki permukaan datar sehingga Anda dapat meletakkannya langsung ke sumber panas.
Lalu ada model yang bergantung pada sumber panasnya sendiri, dan tidak dapat digunakan di atas kompor, seperti Yama Tabletop atau Cona Vacuum Brewer. Ini jauh lebih mahal, tetapi berpotensi bernilai investasi jika Anda mencari dosis ekstra drama di pesta Anda saat Anda menyeduh cangkir setelah makan malam.
Jika tidak, pesan saja kopi siphon saat berikutnya Anda berada di kafe yang menyajikannya, dan bandingkan bagaimana rasanya menurut Anda dengan metode pembuatan minuman biasa. Sedikit ilmu pengetahuan dan sedikit drama mungkin akan memberi Anda cangkir paling menarik yang pernah Anda miliki selama ini.

Alat Kopi : Mokapot

Saya pertama kali menemukan moka pot ketika mengunjungi seorang teman yang sedang belajar di luar negeri di Florence. Dia membuatkan saya kopi di atas kompornya dalam panci perak kecil, dan hasilnya adalah kebahagiaan murni, secangkir kopi begitu halus dan segar sehingga Anda dapat merasakan perawatan yang diperlukan untuk membuatnya. Seluruh proses terasa sangat Eropa — sebuah metode yang membutuhkan tingkat kesabaran yang terasa sangat bertentangan dengan kepuasan instan yang dicari orang Amerika dalam kehidupan sehari-hari.
Sejak itu saya mengetahui bahwa alat kopi moka pot adalah alat penyerap yang sederhana namun cerdik. Pakar kopi kami, Erin Meister, menjelaskan bahwa ini memungkinkan “air panas mengalir ke atas, melalui bubuk kopi, dan keluar dari tabung — yang berarti kopi yang diseduh tidak harus melewati filter kopi tambahan, karena bubuk kopi tetap di bawah ekstraksi terakhir. “
Aku sedang memikirkan dengan sedih tentang cangkir itu ketika aku tiba-tiba teringat bahwa orang tuaku menyimpan satu di suatu tempat di dalam lemari dapur mereka. Pencarian cepat membawa saya ke harta perak yang saya cari, berkilau di balik peralatan lain yang terlupakan.

Alat Kopi : Aeropress

Ada banyak metode pembuatan minuman alternatif di luar sana. Ada alat kopi Pour Over, alat kopi French Press, lalu ada alat kopi Aeropress yang sangat populer di sekitar kantor di sini. Satu hal yang saya suka dengan alat kopi Aeropress adalah berapa banyak cara berbeda yang bisa Anda gunakan untuk menyeduhnya. Satu hal yang pasti; penggemar setia aeropress mengatakan itu membuat kopi terbaik. Selain sangat mudah digunakan, ini adalah metode pencelupan penuh seperti French Press. Masukkan kopi dan air, aduk, diamkan beberapa saat lalu masukkan ke dalam cangkir melalui filter kertas.
Saya ingin mengatakan di sini adalah cara terbaik untuk membuat kopi dengan aeropress. Tapi periksa internet dan Anda akan dengan mudah menemukan 20 orang yang melakukannya dengan 20 cara berbeda, masing-masing mengklaim bahwa cara mereka membuatnya adalah yang terbaik.
Bisa kita katakan, apakah itu tidak terlalu indah tetapi bermanfaat … mudah digunakan, hampir tidak bisa dihancurkan dan sekali lagi, mereka yang menggunakannya mengatakan itu membuat kopi terbaik.

TIPS:

Saat menyeduh melalui filter kertas, kami selalu ingin membilas terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa filter apa pun. Jadi tuangkan saja air seduh. Melakukan ini akan membantu memanaskan aeropress bersama cangkir Anda. Sangat penting saat menggunakan metode pembuatan volume kecil!
Tambahkan beberapa kopi bubuk (tentu saja yang terbaik adalah yang terbaik) biasanya antara 17 dan 22 gram. Anda dapat melihat jumlah atau mendapatkan teknis dan menimbangnya.
Penggiling tangan yang bagus adalah aksesori yang sempurna. Dengan gerinda tangan seperti Mini Mill Hario, Anda dapat mengambil bagian gerinda dari wadah dan menggiling langsung ke aeropress.
Untuk ukuran gilingan, beberapa menyukai gilingan espresso yang sangat halus sementara yang lain lebih suka menggiling jauh lebih kasar. Ukuran gilingan menentukan waktu pencelupan. Dengan penggilingan espresso halus biasanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit untuk persiapan total.
Dengan gilingan, tambahkan air yang mendidih dalam kisaran 198 hingga 205. Biarkan kopi mekar. Kemudian aduk dan tambahkan sisa air.
Anda sebaiknya mengaktifkan pengerasnya sesegera mungkin agar kopi tidak menetes. Kemudian biarkan selama sisa waktu pencelupan Anda.
Ketika waktu habis, langsung saja masuk ke cangkir Anda. Ini tidak membutuhkan banyak tenaga. Berikan tekanan ke bawah yang konstan.
Salah satu variasi utama adalah menyeduh menggunakan metode terbalik. Balikkan saja seluruh unit tanpa filter di tempatnya. Menggunakan metode terbalik membantu menghentikan kopi yang merembes melalui filter.
Anda harus berhati-hati agar kopi panas tidak tumpah ke mana-mana saat Anda membaliknya. Cara untuk memastikan hal ini tidak terjadi adalah dengan memegang cangkir Anda di atas Aeropress saat menggunakan metode terbalik.
Setelah selesai, lepaskan tutup filter dan tekan kepingnya dan semuanya bersih dengan lap cepat ke bawah atau bilas. Untuk menjaga segel karet dalam kondisi yang baik, selalu selami sepenuhnya untuk melepaskan tekanan pada segel.
Jadi bagi banyak orang, ini adalah metode pembuatan. Mengingat ukuran dan daya tahannya, ini sempurna untuk bepergian; terutama jika Anda memiliki kopi bubuk segar berkualitas ketika dipasangkan dengan penggiling tangan.