Mesin Cetak Sosis atau Alat Pembuat Sosis

Sebenarnya bukan hal yang baru lagi sosis dikenal oleh masyarakat Indonesia. Karena sudah sangat lama sekali sejak dulu masyarakat Indonesia mulai mengenal sosis. Dengan berbagai macam rasa yang enak serta empuk ini membuat Sosis menjadi salah satu makanan yang disukai oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Saat ini bahkan sosis menjadi salah satu makanan yang lazim untuk disantap masyarakat kita.

Di dunia kuliner sekarang sudah terdapat perkembangan yang pesat berupa teknologi yang memudahkan para koki maupun pembuat makanan dapat membuat sendiri equipment bahan yang dibutuhkan tanpa harus bergantung pada merek tertentu. Salah satu makanan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan salah satunya adalah sosis, sosis memiliki banyak peminat dikarenakan bentuknya yang lonjong serta dengan di campurkan sedikit topping saja sudah menambah rasa sosis tersebut berkali-kali lipat.

Apa itu Alat Pembuat Sosis

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini sudah mulai tersedia banyak sekali makanan sosis yang siap makan, bukan hanya itu saja saat ini juga sudah mulai bermunculan makanan yang diolah dari sosis. Dengan begitu menjadikan peluang usaha kuliner dengan bahan baku sosis ini sangat terbuka lebar serta sangat menggiurkan. Terkait dengan hal itu, membuat permintaan dari sosis menjadi semakin tinggi juga. Namun yang menjadi masalah adalah kebanyakan dari pengusaha sosis masih kesulitan untuk memproduksi sosis.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengusaha sosis adalah tidak bisa memproduksi sosis dengan berat yang sama seragam satu sama lainnya. Masalah lainnya adalah para pengolah sosis tradisonal juga kesulitan dalam proses memasukkan filling adonan sosis dalam kulit sosi. Proses filling yang salah bisa membuat sosi cepat basi dan tidak higienis.

Masih banyak diantara kalian yang ingin menciptakan sosis berkualitas dengan keamanan dan rasa yang terjamin, oleh karena itu sosis tersebut dapat diolah oleh kalian sendiri, tetapi untuk menciptakan sosis secara manual cukup sulit untuk dilakukan, maka dari itu dengan adanya mesin pembuatan sosis kalian tidak perlu merepotkan dalam melakukan setiap proses yang sulit untuk dilakukan.

Fungsi Alat Pembuat Sosis

Tujuan utama kalian membuat sosis tersendiri dengan mesin cetak sosis terdapat 2 hal, yaitu untuk tujuan kesehatan dan untuk usaha, kedua hal itu menjadi tujuan utama konsumen memfungsikan alat pembuat sosis untuk membuat sosis yang sehat, serta kecepatan pembuatan sosis untuk usaha juga tidak perlu diragukan lagi, yang membuat usaha kalian berbeda dengan yang lainnya adalah sosis dibuat oleh kalian sendiri.

Tentu sepandai apapun skill memasak yang kalian miliki maupun semua topping yang kalian kombinasikan tidak luput dari faktor bahan dasar yang akan membuat semua itu menjadi berkualitas, jika kalian mendirikan usaha tetapi rasa produk yang kalian jual sama dengan produk lain tentu tidak akan menambah daya keunikan yang membuat konsumen menjadi tertarik.

Cara menggunakan Mesin Sosis

Di mesin cetak sosis terdapat 2 mesin bantuan lagi yang akan memudahkan kalian dalam membuat sosis yang berkualitas, tetapi nyatanya cara pembuatan sosis itu sendiri cukup sulit untuk dilakukan. Dengan 2 mesin tersebut bertipe farming dan stuffer yang memiliki tugasnya masing-masing, farming yang bertugas pencetakan dan stuffer sebagai pembuat sosis.

Peran tersebut harus kalian mengerti guna sosis yang dihasilkan dapat diharapkan berkualitas pula, banyak macam mesin cetak sosis dengan variasi ukuran dan model. Biasanya mesin dilakukan dengan masukan yang manual tentu terdapat berat yang maksimal berkisar antara 12-15 kg.

Jenis Mesin Cetak Sosis

Mesin Cetak Sosis dan Alat Pembuat Sosis
Mesin giling daging, mesin cetak sosis dan alat pembuat sosis, mesin iris daging, dst.

Mesin Cetak Sosis Pengisi Sosis sangat bervariasi. Jangan langsung melihat yang pertama Anda lihat. Luangkan waktu untuk menentukan jenis Stuffer mana yang terbaik untuk Anda dan bagaimana Anda akan menggunakannya. Berikut adalah 3 jenis Pengisi Sosis yang akan Anda temukan:

Mesin Cetak Sosis Pengisi Manual – kadang-kadang disebut Pengisi Tanduk – berbiaya rendah, perawatan rendah tetapi membutuhkan tenaga dan waktu tambahan untuk mengisi setiap casing. Ini adalah Stuffer yang bagus untuk orang yang membuat sedikit sosis.

Mesin Cetak Sosis Pengisi Vertikal biasanya digerakkan roda gigi, memungkinkan Anda mengisi casing lebih cepat dan dengan sedikit usaha. Roda gigi baja yang kuat memungkinkan Anda melakukan pekerjaan seperti profesional, ditambah pelepasan silinder untuk memudahkan pembersihan. Ini adalah model Stuffers kami yang paling populer – favorit pelanggan yang pasti. Dual Gear Stuffer kami memiliki roda gigi penggerak yang besar, batang piston berlekuk, dan semua roda gigi logam dibuat untuk memberikan dan menahan tekanan yang diperlukan untuk memasukkan sosis kecil sekalipun, ditambah pelepasan silinder untuk memudahkan pembersihan. Dua kecepatan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kecepatan Anda memasukkan casing atau menarik piston Anda.

Mesin Cetak Sosis Pengisi Bermotor atau Elektrik cocok untuk pembuat sosis serius yang sering membuat sosis dalam jumlah besar. Pengisi Sosis Bermotor Big Bite kami dilengkapi dengan motor 15-watt yang mendorong dengan lebih dari satu TON gaya untuk dengan cepat dan efisien memasukkan sosis ukuran apapun, bahkan stik makanan ringan. Kontrol kecepatan variabel menurunkan dan menaikkan piston sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kecepatan Anda sendiri, lambat ke cepat. Sakelar kaki listrik yang disertakan memungkinkan Anda memasukkan kedua tangan ke casing sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang seberapa cepat atau lambat untuk mengengkol. Bodi stainless steel yang kokoh, alas, dan silinder yang dapat dilepas memudahkan pengisian dan pembersihan. Stuffer ini dibuat untuk bertahan – dan paling mahal.

Jadi stuffer mana yang cocok untuk Anda? Nah – tanyakan pada diri Anda 4 pertanyaan ini:

    • Berapa banyak sosis yang akan saya buat dalam satu waktu? Seberapa sering?
    • Seberapa keras saya ingin bekerja mengisi casing?
    • Seberapa cepat saya ingin mengisi casing?
    • Pembersihan dan pemeliharaan seperti apa yang harus saya harapkan?
    • Pertimbangkan jawaban Anda dan putuskan gaya mana yang paling cocok untuk Anda, lalu bersiap-siaplah dan Get Stuffing!

Harga Mesin Sosis

Sebelum membeli mesin cetak sosis alangkah baiknya kalian dapat menggunakan mesin tersebut sesuai dengan target penggunaan, misalnya untuk kebutuhan restoran, supermarket, pabrik dan masih banyak lagi. Untuk itu jenis mesin cetak sosis bervariasi pula, berikut harga mesin cetak sosis sesuai info terkini dan up to date,

    1. HARGA MANUAL SAUSAGE STUFFER SSF SH5 : Rp 2.375.000
    2. HARGA AUTOMATIC SAUSAGE STUFFER SF 260 : Rp 22.000.000
    3. HARGA MANUAL SAUSAGE STUFFER MS 7V : Rp 2.675.000
    4. HARGA MANUAL SAUSAGE STUFFER MS 5V : Rp 2.250.000
    5. HARGA MANUAL SAUSAGE STUFFER SSF SV7 : Rp 2.700.000
    6. HARGA MANUAL SAUSAGE STUFFER SSF SV5 : Rp 2.375.000
    7. HARGA MANUAL SAUSAGE STUFFER SSF SH7 : Rp 2.700.000

Hubungi bagian layanan pembelian dan distribusi untuk penjelasan dan harga terbaiknya. Dapatkan layanan cara penggunaan, harga dan list produk lainnya di serviamo.id


Membuat Sosis Sendiri di Rumah

Jika Anda tidak pernah sempat membuat sosis di rumah, Anda pasti tidak akan percaya pengalaman yang Anda lewatkan. Tidak hanya sangat mudah, tetapi sosis rasanya luar biasa dan dapat dibuat dengan daging apa pun yang Anda miliki, mulai dari daging rusa hingga rusa hingga tupai – bahkan daging sapi biasa. Ini cara yang bagus untuk menambahkan variasi pada rutinitas normal Anda. Serius – siapa yang tidak suka sosis buatan sendiri?

Kami mengumpulkan staf kami dan meminta semua orang untuk mengirimkan Tip & Petunjuk teratas mereka ketika mereka membuat sosis di rumah. Berikut 11 Kiat & Petunjuk teratas untuk mempermudah pekerjaan Anda:

    1. Anda perlu menguji suhu internal sosis Anda untuk memastikannya matang sepenuhnya, seperti yang Anda lakukan pada daging lainnya. Saat membuat sosis, buat sosis yang lebih pendek dengan lebar yang sama, yang digunakan untuk menguji suhu bagian dalam daging daripada menusuk yang lebih besar.
    2. Tempelkan selotip di tempat Anda berencana untuk menempelkan (uji suhu internal) sosis, sebelum dimasak, dan ini akan membantu menjaga casing agar tidak robek.
    3. Memasak sosis dengan suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan “lemak keluar”. Lebih cepat tidak selalu lebih baik.
    4. Simpan catatan. Pembuatan sosis adalah trial and error. Sebutkan persentase setiap daging yang digunakan dan bumbunya. Jadi lain kali Anda membuat sosis lagi, Anda dapat menyesuaikan… dan membuat lebih banyak catatan.
    5. Tambahkan setidaknya 1 ons. air per pon daging untuk membantu proses isian. Ini akan membantu dalam mencampur daging dengan bumbu dan akan mengurangi tekanan pada gigi mixer daging dan pengaduk sosis Anda.
    6. Cobalah bereksperimen dengan cairan selain air saat mencampur batch sosis Anda berikutnya. Cobalah bir dengan bumbu Bratwurst atau jus apel dalam bumbu sosis asap kami. Kemungkinannya tidak terbatas.
    7. Minta bantuan saat Anda melakukan isian. Satu set tangan ekstra pasti membuat pekerjaan lebih mudah pada beberapa kali pertama.
    8. Jangan terlalu banyak mengisi casing, terutama jika Anda mengisi dan kemudian memutar. Anda harus memberikan sedikit kelonggaran untuk memelintir. Jika diisi sampai penuh, sosis bisa pecah saat diputar.
    9. Setelah mencampur bumbu dengan daging, goreng patty kecil untuk memastikan Anda mendapatkan rasa yang diinginkan. Sekarang saatnya menyesuaikan dengan menambahkan daging untuk mengurangi rasa atau menambahkan bumbu agar lebih beraroma. Lakukan sekarang agar semua pekerjaan Anda (dan daging) tidak akan hilang pada sosis yang tidak terlalu beraroma atau terlalu asin.
    10. Saat menggunakan penggiling daging listrik untuk isian, mungkin satu orang dapat melakukan pekerjaan itu jika Anda memiliki sakelar kaki untuk menghidupkan dan mematikan penggiling. Dengan foot switch, orang yang melakukan pekerjaan tersebut dapat membebaskan kedua tangannya untuk memanipulasi casing sosis saat terisi dengan daging giling.
    11. Saat mengisi sosis, jika Anda mengubah arah belokan, tautannya tidak akan terurai. Jika Anda selalu memelintir ke arah yang sama, Anda hanya akan membatalkan tautan sosis pertama.

Jenis Sosis

Sosis masih mentah atau siap untuk dimakan. Mereka dapat dibuat dari daging merah (misalnya, daging sapi, domba, atau sapi muda), unggas (kalkun atau ayam, misalnya) atau kombinasi keduanya. Sosis mentah termasuk sosis segar (curah, roti, atau tautan) dan sosis asap.

 Untuk mencegah penyakit bawaan makanan, sosis mentah yang mengandung daging giling, domba, atau daging sapi muda harus dimasak dengan suhu 160 ° F. Sosis mentah yang mengandung kalkun dan ayam giling harus dimasak dengan suhu 165 ° F.

 Sosis siap makan dikeringkan, setengah kering, dan / atau dimasak. Sosis kering bisa diasapi, tidak diasapi, atau dimasak. Sosis setengah kering biasanya dipanaskan di rumah asap untuk memasak produk sepenuhnya dan mengeringkannya sebagian. Sosis yang dimasak (misalnya, bologna, dan frankfurter) dimasak dan juga dapat diasapi.

Definisi Sosis Segar

Sosis segar adalah produk makanan daging yang kasar atau halus “dihancurkan” (dikurangi menjadi partikel-partikel kecil) yang dibuat dari satu atau lebih jenis daging, atau “produk sampingan” daging dan daging (misalnya, jantung, ginjal, atau hati). Mereka mungkin mengandung air tidak melebihi 3% dari total bahan di dalam produk. Mereka biasanya dibumbui, sering diawetkan, dan mungkin mengandung bahan pengikat dan ekstender (misalnya, tepung terigu, dan susu kering tanpa lemak).

Mereka harus disimpan di lemari es dan dimasak dengan matang sebelum dimakan.

Sosis Dimasak Dan / Atau Diasap

Sosis yang dimasak dan / atau diasapi terbuat dari satu atau lebih jenis daging cincang atau giling yang telah dibumbui, dimasak dan / atau diasapi. Produk sampingan daging dapat digunakan. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:

    • Sosis yg mengandung cincangan hati
    • Hot Dog
    • Bologna
    • Knockwurst
    • Bratwurst yang dimasak
    • Braunschweiger
    • Thuringer yang dimasak
    • Salami Dimasak*

*Salami Masak (tidak kering) dibuat dari daging segar yang diawetkan, dimasukkan ke dalam wadah dan dimasak di rumah asap dengan suhu tinggi. Mungkin akan dikeringkan dengan udara untuk waktu yang singkat. Ini memiliki tekstur yang lebih lembut daripada sosis kering dan semi kering dan harus disimpan di kulkas.

Spesialisasi Daging

Beberapa spesialisasi daging adalah produk seperti sosis siap saji. Ini dibuat dari daging yang telah dihaluskan yang dibumbui dan biasanya dimasak atau dipanggang, bukan diasapi. Mereka biasanya diiris dan disajikan dingin. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:

    • Roti ham cincang
    • Roti Merica
    • Keju Kepala
    • Daging Kornet Jeli
    • Roti Ham dan Keju
    • Honey Loaf
    • Loaf Kuno
    • Olive Loaf
    • Acar dan Roti Pimento
    • Scrapple
    • Menceburkan
    • Veal Loaf
    • Sosis Kering Dan Semi Kering

Sosis kering dan semi-kering mungkin merupakan kategori daging kering terbesar, khususnya di Amerika Serikat. Produk ini dapat difermentasi dengan pertumbuhan bakteri untuk pengawetan dan untuk menghasilkan rasa tajam yang khas. Alternatifnya, mereka dapat dibudidayakan dengan asam laktat – seperti yang dilakukan pembuat keju, acar, dan yogurt – untuk menghilangkan fase fermentasi dan mempersingkat proses. Mereka, dengan beberapa pengecualian, dimasak.

Fermentasi adalah salah satu metode pengawetan daging tertua. Sosis kering – seperti pepperoni, dan sosis setengah matang seperti sosis Lebanon dan sosis musim panas, memiliki catatan keamanan yang baik selama ratusan tahun.

Dalam prosedur ini, campuran bahan pengawet, seperti garam dan natrium nitrit, dan kultur “starter” bakteri asam laktat, dicampur dengan daging cincang dan giling, ditempatkan di casing, difermentasi, dan kemudian dikeringkan dengan alat yang dikontrol dengan cermat. , proses pengeringan udara yang panjang dan terus menerus. Jumlah asam yang dihasilkan selama fermentasi dan kurangnya kelembaban pada produk jadi setelah pengeringan biasanya telah terbukti menyebabkan kematian bakteri patogen.

Sosis kering membutuhkan lebih banyak waktu untuk dibuat daripada jenis sosis lainnya dan merupakan bentuk daging yang lebih terkonsentrasi dalam menggunakan mesin cetak sosis. Sosis kering berkisar dari 60% hingga 80% dari berat aslinya sebelum dikeringkan.

Sosis setengah kering biasanya dipanaskan di rumah asap untuk memasak produk sepenuhnya dan mengeringkannya sebagian. Sosis semi-kering adalah sosis semi-lunak dengan kualitas pemeliharaan yang baik karena fermentasi asam laktatnya dan terkadang asap yang tebal. Beberapa dibumbui sedikit, dan beberapa cukup pedas dan memiliki rasa yang kuat.

Apa Contoh Sosis Kering Dan Semi Kering?

Sosis kering meliputi:

    • Sopressata (nama salami)
    • Pepperoni (tidak dimasak, dikeringkan dengan udara)
    • Genoa Salami (Italia, biasanya terbuat dari daging sapi tetapi mungkin memiliki sedikit daging sapi; dibasahi dengan anggur atau jus anggur dan dibumbui dengan bawang putih)
    • Sosis semi kering meliputi:

Sosis Lainnya

    • Lebanon Bologna
    • Cervelat
    • Thuringer
    • Apakah Ada Rak Sosis Yang Stabil?

Beberapa sosis kering stabil di rak (dengan kata lain, tidak perlu didinginkan atau dibekukan untuk disimpan dengan aman). Sosis kering membutuhkan waktu produksi yang lebih lama dibandingkan jenis sosis lainnya dan menghasilkan bentuk daging yang pekat. Jika produk stabil di rak dan siap untuk dimakan, produk tidak diharuskan memiliki pernyataan penanganan yang aman, petunjuk memasak, atau pernyataan “Simpan dalam Lemari Es”.

Haruskah Orang dengan profil “Berisiko” Makan Sosis Kering?

Karena sosis kering tidak dimasak, orang-orang yang “berisiko” (orang dewasa yang lebih tua, anak-anak yang sangat kecil, wanita hamil, dan mereka yang sistem kekebalannya melemah akibat penyakit atau transplantasi organ) mungkin ingin menghindari memakannya. Bakteri E. coli O157: H7 dapat bertahan hidup dari proses fermentasi kering, dan pada tahun 1994, beberapa anak jatuh sakit setelah makan salami kering yang diawetkan yang mengandung bakteri tersebut.

Penyimpanan Sosis

Semua sosis – kecuali sosis kering – mudah rusak dan oleh karena itu harus disimpan dalam lemari es. Untuk kualitas maksimal, ikuti waktu penyimpanan di Bagan Penyimpanan Sosis.

Jika sosis memiliki tanggal “best before”, ikuti tanggal tersebut. Ini adalah tanggal terakhir yang direkomendasikan untuk penggunaan produk dengan kualitas terbaik. Jika sosis tidak memiliki tanggal, simpan sesuai waktu yang disarankan di bawah ini. Bekukan sosis jika Anda tidak dapat menggunakannya dalam waktu yang disarankan untuk penyimpanan lemari es. Setelah dibekukan, tidak masalah jika tanggal kedaluwarsa karena makanan yang dibekukan terus menerus aman tanpa batas.

Ikuti Langkah-Langkah Ini Untuk Membuat Sosis Di Rumah:

Semudah itu!


Berikut 5 Alasan Membuat Sosis Sendiri Di Rumah:

    • Rasa: Sosis Anda akan terasa lebih enak. Anda dapat menyesuaikan campuran bumbu dan bumbu pilihan Anda.
    • Kualitas: Anda memilih potongan daging yang Anda gunakan. Anda tidak akan pernah bertanya-tanya apakah ada hidung atau telinga atau bagian lain yang tidak diinginkan di dalam sosis Anda!
    • Kesehatan: Anda menambahkan sedikit atau sebanyak mungkin lemak dan garam ke sosis Anda sesuai keinginan. Plus, Anda tidak menambahkan bahan kimia, aditif, atau pengawet.
    • Biaya: Jika Anda membuat sosis sendiri, harga sosis Anda lebih murah daripada sosis yang diproduksi secara massal.
    • Kontrol: Jika orang lain memproses game Anda, maka Anda tidak memiliki kendali atas proses yang mereka gunakan.