Water Boiler Getra

Water Boiler

Water boiler memiliki fungsi yang hampir sama dengan termos air. Bedanya, selain menjaga suhu panas tetap stabil, alat ini juga dapat digunakan untuk mendidihkan air. Perebus air ini biasa digunakan di kafe, restoran, kantin, penginapan, dan hotel.

Di samping mempunyai kedua fungsi di atas, kapasitas tampung airnya juga cukup besar. Volume air yang dapat ditampung antara 10 hingga 40 liter. Makin besar kapasitasnya, harganya juga makin mahal. 

Menggunakan water boiler, merebus air dalam jumlah banyak akan lebih cepat dan hemat daya dibandingkan dengan merebus secara manual atau menggunakan dispenser. Bentuk alat ini pun beraneka ragam, ada yang kotak, silinder, dan tangki. 

Cara Kerja Water Boiler

Water boiler mampu mendidihkan air dan menjaga suhu panas secara konstan dalam kurun waktu tertentu. Maka, materialnya pun disesuaikan dengan tugasnya. Biasanya, pemanas air boiler dibuat dari material yang anti karat dan dapat menahan panas seperti stainless steel.

Untuk mengoperasikan pemanas air boiler diperlukan tenaga listrik, berbeda dengan ketel yang menggunakan kompor. Pemanas air boiler biasanya dilengkapi dengan thermostat yang akan membuat heater mati setelah mencapai suhu yang diinginkan. 

Misalnya, jika suhu yang diatur adalah 100 derajat, heater akan mati dan turun hingga ke 95 derajat. Pemanas air boiler dapat digunakan selama 24 jam selama di dalamnya ada air dan listrik masih terhubung. 

Selama dioperasikan suhu akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan pengaturan yang sudah ditentukan.

Untuk menggunakan alat pemanas air, masukkan air ke dalam tangki sesuai dengan garis panduan. Jangan terlalu penuh agar air tidak membludak saat mendidih. Hubungkan kabel ke stop kontak, lalu hidupkan boiler dan atur suhu, selanjutnya mesin akan bekerja secara otomatis.

Keunggulan dan Fitur-Fitur Water Boiler 

Water boiler terdiri dari beberapa jenis yang mempunyai fungsi dan tipe berbeda-beda. Ada yang hanya untuk menghangatkan, ada juga yang mampu memanaskan air hingga suhu tertentu sesuai kebutuhan. 

Keunggulan alat pemanas air boiler antara lain, memiliki sistem pengaturan suhu sesuai kebutuhan yang dapat diatur sehingga Anda tidak memerlukan perangkat tambahan. 

Water boiler juga mudah dioperasikan. Anda tidak perlu menaikkan galon untuk mengisi air, hanya tinggal menyalurkan air ke dalam wadah, kemudian nyalakan. Mesin pun akan bekerja sesuai dengan pengaturan suhu yang sudah dilakukan. 

Dilengkapi dengan termometer analog, Anda dapat memantau suhu air. Mesin pun akan berhenti secara otomatis jika telah mencapai suhu tertentu.

Baca Juga : Delonghi Magnifica S ECAM 22.110

Sebagai alat yang bekerja memanaskan dan menjaga suhu air, water boiler dilengkapi dengan fitur pengontrol suhu. Fitur tersebut dapat diatur sesuai dengan keperluan Anda. Ada juga fitur water level indicator untuk mengatur agar air tidak meluap ketika sedang mendidih.

Fitur penting lainnya yaitu boiled and keep warm signal. Fitur berupa lampu indikator ini dapat menunjukkan proses yang sedang berlangsung dan memberikan tanda lampu merah ketika air sudah benar-benar mendidih. 

Cara Merawat Water Boiler Agar Awet

Water boiler umumnya dibuat dari stainless steel sehingga mudah dibersihkan dan tahan karat. Gunakan kain lembap untuk mengelap bagian luar dan dalam hingga bersih dari noda dan debu yang melekat. Bersihkan alat ini secara berkala agar lapisan materialnya tetap awet.

Agar mesin perebus air ini awet, matikan setelah selesai digunakan. Biarkan sejenak hingga suhu mesin menjadi normal. Bersihkan bagian luar mesin menggunakan lap basah. Kemudian lap kembali dengan kain yang kering dan bersih. 

Pisahkan bagian dalam boiler, lalu cuci menggunakan air dan sabun tanpa merendamnya terlebih dahulu. Setelah bersih, bilas dan keringkan dengan kain. 

Akibat pemanasan, biasanya air menyisakan endapan mineral berupa noda kerak berwarna putih pada bagian dasar ketel. Untuk menghilangkan noda tersebut, didihkan campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1 menggunakan ketel tersebut. 

Larutan cuka dan air akan membuat noda tertanggal dari permukaan ketel. Setelah itu, buang larutan lalu bilas dengan air bersih. Untuk mengusap bagian dasar ketel menggunakan busa atau nylon pad. Bilas dengan air bersih, keringkan. Kemudian simpan di tempat kering dan bersih. 

Water boiler sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki usaha kafe, restoran, kedai kopi, atau katering. Karena mudah dalam penggunaan dan perawatannya, Anda tidak perlu khawatir menyerahkan pengoperasian alat kepada pegawai baru sekalipun

%d bloggers like this: