La Marzocco Linea Mini

Mesin Kopi La Marzocco Linea Mini

La Marzocco Linea Mini merupakan salah satu  mesin kopi asal Italia dengan merek nuova simonelli. Pabriknya yang berlokasi di Tuscany, Florence, telah beroperasi sejak tahun 1927.

Salah satu produk unggulan dari La Marzocco adalah GS 3 dan Linea Mini. Kedua mesin ini adalah mesin espreso untuk bisnis skala kecil dan penggunaan di rumah. Mesin ini dilengkapi dengan sensor untuk mengatur tekanan dan suhu yang dapat diatur dengan tangan. 

Kelebihan Mesin Linea Mini

La Marzocco Linea Mini memiliki reservoir dengan kapasitas 3,5liter sehingga dapat digunakan untuk membuat banyak kopi. Hal yang menarik dari mesin ini adalah drip tray dengan koneksi magnetik. Fitur ini membuat mesin mudah dibongkar dan dipasang kembali untuk dibersihkan. 

Fungsi steam dilengkapi dengan 4 buah lubang untuk uap yang sangat cepat. La marzocco Linea Mini hadir dalam model yang menarik dengan bodi stainless steel dengan pilihan warna putih, hitam, dan merah. 

Alat ini cocok untuk digunakan di kafe, kedai mini, ataupun di dapur rumah Anda untuk menghasilkan espreso. Linea Mini mempunyai berbagai keunggulan yaitu:

1. Memiliki Dual Boiler

Dengan dual boiler, mesin ini dapat menyiapkan kopi dengan lebih cepat. Satu boiler untuk group head yang berfungsi menyeduh kopi, satu lagi untuk steam wand

Fitur tersebut memungkinkan Anda menghasilkan espreso dan menghangatkan susu secara bersamaan tanpa kekurangan tekanan.

2. Suku Cadang Mudah Didapat

Linea Mini memiliki suku cadang yang mudah didapat jika mengalami kerusakan dan harus diganti. Contohnya, basket, katup steam, dan screen

3. Tampilan Klasik

Linea Mini tampil dengan desain klasik. Diletakkan di dapur ataupun kafe, alat ini memberikan kesan unik yang mempercantik ruangan. 

Desain La Marzocco Linea Mini

Model Line Mini terinspirasi dari produk La Marzocco yang terdahulu yaitu Linea Classic. Linea Mini merupakan perpaduan dari mesin yang didesain untuk barista rumahan dengan tampilan yang elegan. 

Linea Mini memiliki ukuran lebar 36cm, panjang 53cm, dan tinggi 39cm dengan berat 41kg. Boiler cepat memiliki volume 170ml dan diposisikan di atas dispensing group. Bagian ini dibantu oleh pengontrol PID dan penyeimbang sistem thermal

Alat ini juga dilengkapi dengan boiler kedua dengan kapasitas 3,5liter untuk menyediakan air panas dan menghangatkan air. La Marzocco Linea Mini mampu menghasilkan espreso, cappuccino, kopi hitam, dan latte macchiato

Fitur penting lainnya, Linea Mini terlihat minimalis tetapi mempunyai knob dan tombol lengkap. Knob untuk steam dan pengontrol suhu air, pressure gauge untuk mengukur tekanan boiler dan pompa, serta penghangat cup yang besar. 

Desainnya memang terinspirasi dari model Linea klasik, tetapi diadaptasi dari segi ukuran untuk digunakan sebagai peranti rumah tangga. 

Perawatan La Marzocco Linea Mini

Linea Mini memiliki tap yang nyaman untuk air panas dengan spout untuk membilas portafilter antara satu kopi dengan yang lain. Panel yang mudah dibuka memudahkan perawatan, sementara katupnya memungkinkan pembilasan otomatis setelah digunakan.

Bagian-bagian mesin espreso seperti portafilter, basket, dan screen harus selalu dalam keadaan bersih agar tidak merusak rasa kopi ketika digunakan. Caranya, dengan membilas mesin terlebih dahulu sebelum membuat kopi. 

Portafilter dan basket harus dalam keadaan yang bersih setiap saat agar siap digunakan kapan saja. Membersihkan bagian ini dapat dilakukan tergantung kebutuhan, asalkan tidak ada sisa espreso yang melekat pada tension spring

Cara membersihkannya, lepaskan basket lalu dibilas dengan air panas. Setelah itu, usap dengan handuk kering dan bersih dan pasang kembali untuk membuat pesanan kopi selanjutnya. 

Bagian selanjutnya yang harus dibersihkan adalah shower screen yaitu tempat air dan ground coffee di-shot pada filter basket. Bagian ini dapat dibersihkan dengan kain lap, kemudian disikat dengan sikat kecil untuk memastikan tidak ada sisa kopi dari shot sebelumnya. 

Untuk bagian group head, bersihkan dengan sikat khusus yang bersih. Sikat untuk membersihkan bagian dalam mesin ini juga perlu sesekali direndam dengan cairan pembersih.

Pembersihan mesin espreso seperti mesin La Marzocco Linea Mini secara keseluruhan dapat dilakukan berkala atau berdasarkan kekerapan penggunaan mesin. Umumnya, barista membersihkan mesin seminggu sekali atau setelah digunakan untuk menghasilkan 100 porsi espreso. 

%d bloggers like this: