Perbedaan Caffe Latte dan Mocha Latte

Perbedaan Caffe Latte dan Mocha Latte

Baik Anda seorang peminum kopi berpengalaman atau baru mengenal kopi, Anda mungkin memperhatikan bahwa ada banyak jenis kopi yang berbeda. Dengan semua jenis biji yang berbeda, metode persiapan, cara penyajian, mesin kopi dan rasa yang ditambahkan, mengetahui apa itu apa bisa membingungkan.
Mesin kopi juga mempunyai jenis yang berbeda – beda kamu bisa mencari tahu masing – masing perbedaan di link berikut ini: mesin kopi otomatis beans to cup, mesin kopi manual, mesin cappucinno dll.
Di ulasan kali ini akan membahas spesifik tentang perbedaan antara latte dan mocha atau ingin tahu mana yang lebih enak, latte vs mocha, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Latte Vs Mocha: Apa Perbedaannya?

Perbedaan Caffe Latte dan Mocha Latte

Baik latte dan moka terbuat dari bahan esensial yang sama: espresso dan susu kukus. Perbedaannya terletak pada rasio espresso dengan susu dan penambahan beberapa bahan. Latte memiliki rasio susu-ke-espresso yang lebih tinggi dan termasuk susu berbusa, sedangkan moka memiliki rasio espresso-susu yang lebih tinggi dan termasuk cokelat.

Definisi Latte

Apa itu latte? Latte adalah minuman ideal untuk peminum kopi yang ingin mengurangi rasa kopi. Bahan utamanya adalah espresso dan susu kukus. Menurut definisi latte, rasio tipikal adalah ⅔ susu kukus dengan ⅓ kopi. Latte juga biasanya memiliki lapisan tipis susu berbusa di atasnya.
seorang wanita memegang secangkir keramik putih latte, latte vs mocha
Kedai kopi dan barista yang berbeda mungkin memiliki resep latte yang sedikit berbeda, rasionya sedikit berbeda satu atau lain cara, tetapi rasio ini diterima secara umum. Kebanyakan latte berukuran antara 10-12 ons. Latte adalah minuman kopi favorit bagi sebagian orang, karena mereka bukan penggemar berat kopi yang pekat.
Namun, latte tidak berhenti pada espresso dan susu steam. Banyak pecinta latte membuat minumannya sendiri dengan menambahkan pemanis, sirup, dan rasa lainnya. Orang lain mungkin menggunakan jenis susu yang berbeda, seperti susu kedelai atau almond. Dalam beberapa kasus, orang sama sekali tidak minum kopi dan membuat latte dengan teh.

Definisi Mocha

Apa itu moka? Mocha adalah kependekan dari mocha latte atau caffe mocha. Menurut definisi moka, moka dibuat dengan perbandingan cokelat dan espresso yang seimbang. Susu kukus kemudian ditambahkan tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Biasanya, rasionya adalah ⅖ coklat, ⅖ espresso, dan ⅕ susu. Mocha biasanya disajikan dalam cangkir 10-12 ons.
secangkir keramik biru moka di atas meja kayu, latte vs moka
Menurut sebagian besar penggemar kopi, moka adalah remix dari latte. Jika latte-nya memiliki rasa yang lebih lembut dan lembut, moka-nya tebal, manis, dan gelap. Lebih sedikit krim memungkinkan rasa kopi yang lebih kaya untuk datang, tetapi moka masih merupakan minuman yang menarik bagi mereka yang tidak menyukai kopi kental karena cokelat mengurangi rasa pahitnya.
Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan moka Anda dengan berbagai cara. Banyak peminum kopi lebih menyukai cokelat putih untuk rasa yang lebih lembut dan lembut. Anda juga bisa menambahkan topping seperti whipped cream, coklat dan karamel, serta taburan kayu manis. Beberapa ahli java yang inovatif telah menambahkan susu coklat sebagai pengganti susu kukus dan sirup coklat.

Cara Membuat Latte

Baik Anda memiliki mesin espresso atau tidak, membuat latte relatif mudah. Anda tidak perlu mengunjungi kedai kopi lokal untuk menikmati latte yang enak. Baca terus untuk mengetahui cara membuatnya sendiri.

Dengan Mesin

Bahan utama yang Anda butuhkan adalah kacang espresso dan susu. Anda juga ingin mengumpulkan apa pun yang ingin Anda masukkan ke dalam latte Anda, seperti pemanis atau sirup. Giling biji kopi Anda dengan mesin giling kopi, atau beli kopi bubuk jika Anda tidak memiliki penggiling.
Jenis susu yang Anda pilih berdasarkan rasa. Susu murni akan memberi Anda rasa yang lebih kaya dan lembut, sementara 2% atau susu skim tidak akan terlalu kaya tetapi memiliki lebih sedikit kalori. Mulailah dengan menghangatkan cangkir Anda dan menyeduh espresso dua kali lipat. Tuang ke dalam cangkir dan masukkan susu ke dalam teko berbusa.
Gunakan tongkat pengukus mesin Anda untuk mengukus hingga 150 derajat. Tuang ke espresso perlahan, biarkan susu masuk lebih dulu dan buihnya terakhir. Saat keterampilan Anda berkembang, Anda dapat mulai membuat seni latte sederhana dan kemudian luar biasa untuk pengalaman latte lengkap. Kamu bisa memilih mesin kopi espresso dengan klik link ini : mesin kopi

Tanpa Mesin

Tidak ada mesin espresso? Tidak masalah! Anda masih bisa membuat latte yang enak dari kenyamanan rumah Anda. Anda dapat menggunakan microwave atau kompor untuk mengukus susu Anda, meskipun kompor disarankan karena Anda akan memiliki kendali lebih atas seberapa panas susu tersebut.
Cukup tuangkan susu ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang-kecil hingga mencapai suhu 150 F, aduk sesekali. Anda dapat membuat susu berbusa dengan memasukkan susu ke dalam mason jar, mengocok untuk mengangin-anginkan, menutup tutupnya, dan memanaskannya dalam microwave selama 30 detik.
Terakhir, Anda dapat membuat espresso dengan Aeropress atau french press. Gunakan saja espresso yang digiling halus. Ini tidak akan sekaya saat menggunakan mesin, tapi cukup, dan Anda bisa membuat latte yang cukup enak.

Cara Membuat Mocha Latte

Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara membuat mocha latte, membuat kopi mocha mirip dengan membuat latte. Anda akan menggunakan peralatan dan teknik yang sama. Kami akan menjelaskan metode membuat moka dengan mesin espresso di bawah ini, tetapi jika Anda tidak memiliki mesin espresso, cukup gunakan beberapa teknik yang tercantum di atas untuk membuat moka Anda.
Anda perlu mengumpulkan espresso bubuk, sirup cokelat, susu, dan cangkir. Anda bisa mulai dengan menuangkan sirup cokelat ke dalam cangkir Anda, kira-kira ⅖ penuh. Kemudian, ekstrak dua gelas espresso langsung di atas cokelat dan aduk.
Gunakan teko susu dan tongkat pengukus mesin Anda untuk mengukus susu. Sudah siap jika sudah mencapai suhu 165 F. Tuang perlahan, biarkan busa terakhir masuk ke dalam cangkir. Terakhir, Anda bisa menambahkan topping seperti krim kocok, sirup, dan taburan untuk minuman yang benar-benar dekaden.

Sejarah Caffe Latte

Caffe latte diterjemahkan menjadi “kopi dan susu” dan berasal dari setidaknya abad ke-17 di Eropa. Minuman ini bukanlah latte asli, karena mesin espresso belum ditemukan, dan minuman ini hanyalah campuran kopi dan susu.
Legenda mengatakan bahwa latte dan minuman berbahan dasar susu lainnya berasal dari turis Amerika di Italia. Saat mencoba espresso, orang Amerika menganggapnya terlalu kuat dan pahit. Dengan demikian, kedai kopi Italia menambahkan susu kukus ke minuman agar lebih enak bagi orang Amerika.
Mesin kopi modern ditemukan pada tahun 1940-an dan memungkinkan ekstraksi espresso dan buih susu dengan mudah. Latte menjadi sangat populer pada 1980-an ketika barista Seattle mulai menggunakan tongkat pengukusnya untuk membuat karya seni yang rumit di atas latte mereka.

Sejarah Mocha Latte

Popularitas moka berakar pada ledakan latte pada 1980-an. Seiring latte semakin populer, kedai kopi dan barista mulai bereksperimen dengan rasio dan menambahkan rasa lain ke latte mereka. Cokelat ditambahkan ke latte, kandungan espresso dinaikkan, kandungan susu lebih rendah, dan moka lahir.
Mocha juga kemungkinan besar terinspirasi oleh minuman Turin, Bicerin. Minuman kopi ini berasal dari tahun 1700-an di Italia dan menyajikan campuran espresso, cokelat, dan susu kukus. Di Bicerin, bahan-bahan ditumpuk di atas yang lain, sedangkan bahan-bahan di dalam latte dicampur.
Chat via WhatsApp